Thursday, June 20, 2019

3 Langkah Menurunkan Berat Badan Dengan Diet DASH

Dietary Approaches to Stop Hypertension ataupun universal disingkat DASH ialah tipe diet yang awal mulanya diperuntukkan untuk pengidap hipertensi. Bersamaan perkembangannya, diet rendah garam ini terus menjadi direkomendasikan sebab berguna buat melindungi kesehatan jantung, merendahkan resiko diabet jenis 2 serta sindrom metabolik, apalagi merendahkan berat tubuh.

Prinsip diet DASH

Prinsip utama diet DASH merupakan komsumsi santapan rendah garam( natrium) serta perbanyak konsumsi bahan santapan natural, bukan santapan produk olahan. Bahan santapan nabati yang disantap pada diet rendah garam ini meliputi sayur- mayur, buah- buahan, kacang serta biji- bijian, dan bermacam- macam minyak nabati.

Sedangkan itu, sumber santapan hewani pada diet ini mencakup daging merah tanpa lemak, ikan, ayam, serta produk susu rendah lemak. Sebaliknya tipe santapan yang dipantang dalam diet ini merupakan santapan besar natrium, gula, serta lemak

Diet rendah garam memanglah tidak secara langsung bertujuan buat merendahkan berat tubuh. Walaupun demikian, orang yang menempuh diet ini umumnya hadapi penyusutan berat tubuh bagaikan dampak dari kurangi konsumsi natrium. Perihal ini didukung oleh suatu riset di Spanyol pada tahun 2014 yang menciptakan kalau konsumsi natrium bisa menaikkan berat tubuh, apalagi merangsang kegemukan.

Diet rendah garam demi merendahkan berat badan

Bersumber pada batasan maksimum konsumsi natrium, diet rendah garam ini dibagi jadi 2 tipe. Diet DASH Standar menghalangi konsumsi natrium di dasar 2. 300 mg satu hari, sebaliknya diet DASH Rendah Natrium yang diajarkan untuk penderita hipertensi, wajib menghalangi konsumsi natrium di dasar 1. 300 mg satu hari.

Diet DASH hendaknya dicoba secara bertahap, jadi Kamu tidak butuh langsung kurangi konsumsi natrium secara ekstrem. Sehabis mengenali berapa konsumsi natrium maksimum yang boleh Kamu mengkonsumsi, berikut metode menjalaninya:

1. Kurangi konsumsi natrium

Kamu memerlukan natrium buat melindungi penyeimbang cairan badan, tetapi bila kandungan zat ini sangat besar, hendak menimbulkan hipertensi. Tidak hanya ada pada garam dapur, zat gizi ini pula banyak ada pada santapan kalengan, santapan praktis, santapan yang dikeringkan, manisan, saus, dressing salad, dan junk food.

Guna kurangi konsumsi natrium, mulailah dengan menghalangi jumlah garam yang Kamu mengkonsumsi sehingga tidak melebihi 1 sendok teh dalam satu hari. Perhatikan pula jumlah serta persentase kecukupan natrium pada label kemasan dikala Kamu membeli santapan ataupun minuman.

2. Seleksi bahan santapan yang tepat

Biar diet rendah garam yang Kamu jalani tidak percuma, Kamu pula wajib memerhatikan tipe serpa jatah bahan santapan. Pasti saja, seleksi santapan yang sehat serta jauhi produk santapan olahan. Berikut sebagian contoh hidangan diet DASH yang dapat Kamu coba:

Makan pagi:

150 gr oatmeal masak dengan bubuk kayu manis

1 potong roti gandum dengan mentega rendah lemak

1 buah pisang

150 mL susu tanpa lemak

Makan siang:

Salad tuna yang terbuat dari 50 gr tuna tanpa garam, 2 sdm mayones, 15 buah anggur, seledri, serta 50 gr selada

Biskuit

150 mL susu tanpa lemak

Makan malam:

150 gr spageti gandum dengan 100 gr saus marinara tanpa garam tambahan

100 gr salad campur

1 potong roti gandum kecil dengan 1 sdt minyak zaitun

3. Memantau kalori yang masuk

Memantau konsumsi kalori tiap hari hendak menolong memaksimalkan guna diet rendah garam. Buat melaksanakannya, Kamu tidak butuh kurangi jatah makan Kamu secara besar- besaran. Kamu bisa melaksanakan metode yang lebih nyaman bagaikan berikut:

komsumsi buah- buahan bagaikan camilan

mengganti proporsi bahan santapan jadi lebih banyak sayur- mayur dibanding daging

mengubah es krim dengan yoghurt

memakai saus serta dressing salad rendah lemak

mengecek label kemasan antara 2 ataupun 3 produk sejenis buat memperoleh produk dengan jumlah kalori sangat sedikit

makan dengan jatah lebih kecil secara bertahap

Aspek lain yang pula berarti buat merendahkan berat tubuh dengan diet rendah garam merupakan memadai kebutuhan cairan, baik dari air minum ataupun sumber cairan yang lain. Tetapi, jauhi mengkonsumsi minuman manis yang memiliki gula dalam jumlah besar.

Selamat berupaya!

No comments:

Post a Comment